E-SKRIPSI
Pengaruh Penerapan Perilaku Caring pada Pasien Pra dan Pasca Pembedahan Terhadap Kepuasan Pelayanan Keperawatan di Kamar Bedah RS. Thamrin Internasional Salemba
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
Riset Keperawatan
Suatmaji
Judul Penelitian Pengaruh penerapan perilaku caring pada pasien pre dan pasca pembedahan terhadap kepuasan paleyanan keperawatan di kamar bedah RS MH Thamrin Internasional Salemba tahun 2010.
54 halaman materi + 4 halaman lampiran
Kata Kunci : pelayanan dengan perilaku caring, pelayanan standart, kepuasan
ABSTRAK
Perawat dalam membantu pasien dalam mencapai / mengelola kesehatan atau meninggal dengan tenang. Proses ini membutuhkan perawat yang mengetahui tentang kebiasaan dan respon manusia terhadap masalah kesehatan yang sudah ada atau potensi yang mungkin muncul. Perawat juga harus mengetahui kebutuhan pasien, bagaimana responnya terhadap sesamanya, kekuatan, keterbatasan, membantu dan memberikan perhatian serta empati kepada pasien dan keluarganya. Caring mewakili semua factor yang digunakan perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan perilaku caring terhadap mutu pelayanan keperawatan di kamar bedah RS MH Thamrin Internasional Salemba tahun 2010.
Disain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan perilaku caring terhadap tingkat kepuasan pelayanan keperawatan pada pasien pra dan pasca pembedahan.
Populasi yang di teliti adalah pasien pra dan pasca pembedahan, sample penelitian adalah pasien pra dan pasca pembedahan di kamar bedah RS MH Thamrin Internasional Salemba. Metode pengumpulan sample adalah non random sampling ( pursosive sampling). Dalam menganalisa data peneliti menggukana computer dan dilakukan bertahap.
Analisa univariat digunakan untuk membuat analisa distribusi frekuensi dari data demografi pasien. Analisa bivariat Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji statistic yaitu uji T beda dua mean dependent yang berhubungan dengan pengaruh perilaku caring pada pasien pra dan pasca pembedahan terhadap kepuasan pelayanan kepearawat di kamar bedah RS MH Thamrin Internasional salemba. Hasil penelitian di dapat nilai p sebesar 0,000.
Kesimpulan ada perbedaan tingkat kepuasan pasien yang diberikan perlakuan caring dengan pasien yang diberikan perlakuan standar pada pasien pra dan pasca pembedahan di kamar bedah RS Mh Thamrin Internasional Salemba.
Daftar pustaka : 18
2007727028 | PERPUSTAKAAN FIK - UMJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain